Dinas Pendidikan Humbahas Gelar Seminar Motivasi Bagi Guru SD/SMP di Doloksanggul


Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE memberikan sambutan pada Seminar Motivasi Bagi Guru

Dinas Pendidikan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar Seminar Motivasi Bagi Guru SD/SMP Negeri/Swasta Tahun 2017 di Gedung Serbaguna Rindang, Kecamatan Doloksanggul selama tiga hari berturut-turut mulai Senin – Rabu (23-25/10), dengan jumlah peserta sebanyak 3000 orang.

 Seminar ini dibuka oleh Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dengan menghadirkan seorang motivator dari Education Training and Consulting Jakarta, Fidelis E Waruwu Lic MSc Ed.

Dalam sambutannya Bupati Dosmar mengatakan sebagaimana tujuan pendidikan nasional yakni untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang bertaqwa dan  beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain berilmu, siswa juga harus berakhlak mulia dan berkarakter dan menjadi warga negara yang berdemokratis secara bertanggungjawab.

Untuk itu dia berharap, melalui seminar itu, guru-guru dapat lebih bersemangat lagi dan mendapat motivasi baru dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar di unit sekolah masing-masing.

  Ditambahkannya, banyak hal yang perlu dipelajari oleh guru untuk meningkatkan antusias murid terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Mengubah atau meningkatkan kemampuan metode pembelajaran akan menjadi salah satu pembahasan yang akan disampaikan oleh motivator .

Suasana para guru dalam mengikuti Seminar Motivasi Guru

“Setiap guru harus memiliki integritas kepribadian dapat bertatap muka (face to face)  dengan siswa minimalnya 2 kali dalam satu bulan, untuk memberi motivasi yang baik kepada siswa. Selain itu, guru juga harus memotivasi  siswa agar dapat berkreasi, fokus, serta mengeluarkan ide-ide baru untuk kemajuan siswa dalam belajar,” sebut bupati.

Kadis Pendidikan Humbahas Drs. Jamilin Purba MM ,memberikan pemaparan pada Seminar Motivasi Guru

Sementara itu, Kadis Pendidikan Humbahas Drs. Jamilin Purba MM dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan itu adalah agar para guru mendapat semangat baru dan memberikan motivasi di dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Selaian itu, untuk mengembangkan potensi serta meningkatkan wawasan bagi para peserta.

Berikutnya kata dia, untuk memantapkan oriontasi sikap dan semangat pengabdian yang beriorientasi pada pelayanan dan pengabdian untuk mencerdaskan peserta didik, serta untuk memantapkan jati diri profesi guru yang berdasarkan pada komitmen, tanggungjawab, kejujuran dan pengabdian sebagai guru.

Sementara itu, Fidelis E Waruwu dalam paparannya yang berjudul “Workshop Pendidik Profesional Mendidik Siswa Berkarakter, Membangun Karakter Peserta Didik di Sekolah Bagi Guru-guru Profesional pada garis besarnya menjelaskan tentang bagaimana kesadaran diri, proses pembentukan karakter, membangun budaya kasih di sekolah dan membentuk karakter seseorang. (Rel/Kominfo)